/Mari Mengenal Si Burung Pipit

Mari Mengenal Si Burung Pipit

Cip..cip..cip suaraku. Assalamualaikum, siapa diantara teman-teman yang bisa berkicau seperti ku? Meskipun suaraku tak seindah burung lain, namun aku tetap berani berkicau di pagi hari. Aku sangat bersyukur Allah telah memberi ku suara ini. Dengan suaraku menambah keceriaan di awal pagi yang segar. Adik-adik pasti pernah mendengar suaraku bukan?

Aku dipanggil burung pipit karena ukuran tubuhku yang kecil. Jadi, kalian tak akan menemukan burung pipit sebesar burung merpati. Panjang tubuhku 10 sampai 12 sentimeter. Pipit yang paling besar adalah jenis Gelatik Jawa yang panjangnya 17 sentimeter dan beratnya 25 gram. Kendati pun badan ku kecil tetapi umurku terbilang lama jika dibanding dengan ukuran tubuh yang mungil. Burung pipit bisa hidup mulai dari enam sampai delapan tahun lamanya.

Secara ilmiah aku termasuk dalam kerajaan animalia. Aku berada dalam filum chordata. Kelasku aves. Aku berada di Ordo Passeriformes. Familiku estrildidae. Dan genusku termasuk lonchura. Nama latinku Lonchura Punctulata. Jenis burung pipit biasa disebut dengan spesies. Jenis burung pipit ada 40 spesies yang tersebar diseluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Aku berasal dari India, Cina, Asia Tenggara, dan Afrika. Karena burung pipit suka berkeliling dunia, makanya sekarang ini burung pipit semakin menyebar kesemua benua yang ada di bumi ini. Kalau di luar negeri burung pipit dikenal dengan nama Munia, Manikin, dan Silverbills. Munia termasuk spesies burung pipit dari Asia. Kalau Manikin spesies burung pipit yang berasal dari Afrika. Nama burung pipit di setiap negara itu berbeda. Jadi jangan bingung ya jika mendengar namaku yang asing di benua lain.

Aku sangat menyukai daerah tropis. Burung pipit kurang tahan dengan iklim dingin. Makanya burung pipit memerlukan habitat hangat seperti wilayah tropika. Burung pipit banyak hidup di Indonesia karena iklim disini sangat cocok dengan tubuh burung pipit.

Namun, ada juga beberapa dari burung pipit yang bisa beradaptasi dengan iklim dingin tetapi jumlahnya agak sedikit. Seperti beberapa jenis burung pipit yang hidup di Australia Selatan mereka bisa hidup di iklim yang sangat dingin yang bersalju.

Aku memiliki bentuk paruh yang pendek, tebal, tajam, dan runcing. Makanan kesukaanku rumput biji dan padi. Namun ada makanan lain juga yang biasa aku makan seperti; beras, roti, pupa semut, tauge, bayam, parutan wortel, ulat, atau tulang-tulang ikan. Biasanya burung pipit makan mulai pukul 06.00 sampai pukul 10.00 pagi hari dan pukul 14.00 siang sampai pukul 18.00 sore hari.

Burung pipit sangat suka dengan padi muda yang masih bersantan karena rasanya sangat manis. Makanya selama proses padi berbuah, para petani sangat ketat menjaga sawahnya dari serangan burung pipit. Jika burung pipit mengisap santan dari biji padi yang masih muda itu, maka yang akan tinggal hanya sarung padi yang tak ada isinya lagi. Jadi ketika panen para petani mengalami kerugian. Dalam jumlah yang besar, burung pipit dianggap musuh oleh para petani. Para petani sering menakut-nakuti burung pipit dengan membuat orang-orangan di tengah sawah.

Memang agak sedikit susah membedakan mana burung pipit jantan dan burung pipit betina jika berada dalam kelompok yang besar. Perbedaan jantan dan betina bisa dilihat dari ukuran kepala, warna tubuh, dan paruh yang dimiliki. Kalau burung pipit jantan memiliki kepala yang agak lebar, berwarna cerah. Sedangkan burung pipit betina memiliki kepala yang agak kecil serta warna bulu yang agak gelap atau abu-abu.

Warna cerah yang dimiliki oleh burung pipit jantan berguna untuk menarik perhatian burung pipit betina. Para burung pipit jantan mencari pasangan dengan memamerkan bulu indah mereka. Jadi jika ada yang tertarik dengan keindahan bulu burung pipit jantan, burung pipit betina akan mendekat. Dan ketika mereka sudah mendapatkan pasangan, mereka akan langsung kawin.

Nah, sekarang mari mengenal rumahku. Rumahku terbuat dari rumput-rumput kering, jerami, atau sabut kelapa. Sarangku mirip dengan bola-bola rumput. Para burung pipit membuat sarang agak dekat dengan sumber makanan. Dan burung pipit paling banyak bersarang disaat musim padi tiba. Saat membuat rumah burung pipit memilih pohon yang tinggi serta rimbun. Seperti pohon kelapa, pohon pinang, pohon jambu. Pohon-pohon itu semua yang menjadi pilihan para burung pipit. Burung pipit sengaja membuat sarang dipucuk-pucuk pohon yang tinggi agar terhindar dari para pemangsa dan pemburu. Sarang yang berada dipucuk pohon membuat pemangsa dan pemburu sulit untuk menangkap burung pipit. Sedangkan pilihan untuk pohon yang rimbun bertujuan untuk berlindung dari terik di siang hari.

Ketika burung pipit jantan mulai membuat sarang berarti burung pipit betina hampir siap untuk bertelur. Setelah bertelur, pipit jantan akan membantu pipit betina untuk mengerami telur sampai menetas. Setelah beberapa minggu dierami bersama, telur itu pun menetas dan keluarlah bayi-bayi burung pipit yang mungil. Burung pipit tinggal di sarang hanya sampai anak-anaknya bisa terbang. Setelah itu, burung pipit mencari tempat baru dan membangun sarang yang lain.

Sarang burung pipit paling sering diburu. Orang-orang mencari telur yang belum dierami karena telur burung pipit sangat disukai. Rasa telurnya itu sangat enak dan gurih sekali. Telur burung pipit yang dimakan mentah-mentah rasanya manis, gurih dan tak berbau amis. Telur burung pipit berwarna putih, kecoklatan, dan berbintik-bintik. Burung pipit bertelur paling sedikit empat butir dan paling banyak 10 butir.

Daging burung pipit ternyata sangat gurih dan lezat. Dagingnya itu bisa digoreng, digulai, dan dipanggang. Wah, rasanya sungguh nikmat sekali. Rasa telur dan daging burung pipit yang gurih dan lezat itu karena pengaruh dari makanan yang burung pipit makan. Burung pipit makan padi muda sehingga daging dan telur burung pipit juga ikut manis dan gurih.

Bayi pipit menetas dari telur yang dierami oleh induk pipit. Jika masih bayi, burung pipit warnanya coklat muda atau agak sedikit kehitaman. Selama masih bayi, makanan dicari oleh ayah dan ibu burung pipit. Burung pipit hanya menunggu makanan disuapi dalam sarang. Kalau burung pipit sudah merasa lapar, burung pipit akan menangis dengan membuka mulut besar-besar.

Ketika sudah berumur 21 hari, burung pipit sudah belajar terbang. Burung pipit diajarkan terbang oleh orangtuanya. Ketika burung pipit mulai belajar terbang, resiko dimakan oleh pemangsa akan semakin besar. Selain dari manusia, burung pipit juga diburu oleh kucing, kadal, ular, dan burung elang. Namun resiko yang besar itu tak membuat burung pipit takut untuk mencoba terbang diudara. Terbang adalah kebebasan satu-satunya yang dimiliki burung pipit untuk bisa melihat dunia ini.

Jika adik-adik menemukan sarang burung pipit yang berisi bayi-bayi mungil di pohon dekat rumah, usahakan jangan dipegang. Jika bayi burung pipit sudah dipegang manusia, maka induk pipit tak akan mau lagi memberi makan untuk bayi-bayi mungil itu. Kasihan sekali jika mereka kelaparan di atas sana.

Facebook Comments
Bagikan ini...

Pengusaha Muda, Pengajar, dan Tourist Guide